Kamis, 12 Januari 2012

CINTA DITOLAK BOKAP BERTINDAK


CINTA DITOLAK BOKAP BERTINDAK

Duh, malu banget rasanya. Udah brewokan begini masih aja diperlakukan kayak anak kecil. Gue kan udah kuliah, Madam… udah tingkat akhir lagi. Masa dibekelin nasi goreng ma telor ceplok segala. Lengkap dengan tumbler berisi air mineral. Apa kata dunia….
Coba deh lo bayangin, sejak gue pake putih biru Mami belum bisa ngelepas kebiasaan yang diterapin sejak gue masih pake seragam SD. Padahal, secara gue udah SMP, gue kan tumbuh jadi ABG yang nggak mau lagi dikawal ke sana-sini. Gue malu banget, tau, waktu Mami sepaket dengan Papi nganterin gue di hari pertama gue masuk SMP. Temen-temen gue pada bawa motor sendiri, sedangkan gue serombongan pake mobil keluarga yang sengaja Papi beli buat ngerayaan gue udah masuk SMP. Lebay banget nggak sih.
Alay maralay Mami sama Papi gue belum berakhir sampai celana biru pendek berubah jadi celana panjang abu-abu. Dan brewok tipis mulai tumbuh di muka gue. Tetep aja kedua ortu gue memperlakukan gue kayak anak kecil begitu. Gue udah protes berkali-kali. Sering banget malah. Sampai gue mogok makan segala, tapi ortu gue nggak pernah bisa berubah. Akhirnya daripada gue cape sendiri menyuruh mereka berubah, mendingan gue sendiri yang berubah. Berubah!
                Tapi perubahan apa yang bisa gue lakukan di depan mata Mami dan Papi gue. Kalau soal pergaulan sih udah pasti gue ngikutin jaman. Rasanya gue udah paling uptodate dibanding temen-temen gue yang lain. Model rambut, pakaian, gue paksain ngehemat uang jajan gue supaya bisa beli baju bermerk. Sepatu, sabuk, dompet, mana pernah gue beli yang murah. Sorry, bukan maksud gue mau sombong, gue cuma mau bilang, gue tuh udah berubah. Tidak lagi bersikap kekanak-kanakan. Catat,sejak gue SMP gue udah berusaha tampil menjadi anak baru gede, SMU jadi anak gede, dan masuk kuliahan udah gede banget. Tetapi semua tidak berasa, sama sekali tidak bisa dirasakan oleh Mami dan Papi.
                Udah deh cukup curhatannya. Sekarang saatnya gue mikirin gimana ngerubah kelakuan Mami sama Papi gue supaya mereka tuh tidak memperlakukan gue seperti anak kecil lagi. Masalahnya, sodara-sodara… gue ini sedang pedekate sama adik kelas gue. Nggak lucu banget kan kesannya kalo doi tahu gue masih diperlakukan seperti anak kecil. Anak Mami banget gue jadinya di mata dia
                Adalah Dody temen deket gue sejak SMU yang sering ngomporin nyokap ma bokap gue. Tuh tuyul emang aji mumpung, manfaatin apa yang ortu gue kasi ke gue. Bekel sarapan pagi gue, roti 3 tangkup hampir semuanya dia embat. Dia malah bilang ke ortu gue kalo gue tuh suka banget minum susu coklat. Walhasil, besoknya nyokap bekelin gue dua tumbler susu coklat. Yah buat si Dody lah satunya. Tapi siapa juga yang suka susu coklat. Anak gundul rakus itu lagi yang kenyang.
                Jadi sebelum gue bisa nyulap Mami sama Papi, gue mesti jinakin dulu kunyuk laper yang satu ini. Tapi gimana caranya?
                Semalam gue udah mikir sih. Dody tuh kan paling doyan martabak telor yang mangkal di depan komplek rumah gue. Rencana gue, tuh anak gue sogok supaya tidak lagi minta macem-macem ke ortu gue. Selama ini semua yang dia minta tuh pasti deh atas nama gue. Sedangkan Mami Papi tuh percaya aja sama anak rese itu. Malah tuh boncel udah dianggap sebagai ponakan mereka, sekaligus babby sitter gue. Irrghh.
                “Mulai besok, minimal seminggu deh, syukur-syukur kalo selamanya,” kata gue setelah gue jelasin rencana gue supaya kelakuan Mami dan Papi tidak merusak usaha gue buat ngedeketin cewek kecengan gue.
                “Hahaha, gue udah nebak tuh apa yang ada di pikiran lo. Gue tahu banget lo sejak SMU. Emang tuh cewek mau?” ledek Dody sambil membuka bungkus kedua martabak telor gratisan dari gue.
                “Gue belum tahu tuh cewek mau atau kagak. Pokoknya yang penting, gue gak boleh gagal lagi,” Masih terbayang di benak gue, kegagalan pedekate gue waktu SMU dulu. Nadia langsung kabur begitu ngelihat apa isi rangsel gue. Cemilan anak SD yang dimasukin Mami sejak semalam. Duh, begonya gue, gue lupa mindahin tuh makanan anak ingusan ke tasnya si boncel. Malu banget. Gue jadi gak berani deketin cewek lagi sejak kejadian itu.
                “Tenang-tenang bro, gue sih bisa aja bikin Mami Papi lo libur memperlakukan lo seperti anak kecil. Tapi apa mereka nggak malah bertanya-tanya tuh. Apalagi Tante Vira. Kayaknya dia sayang banget sama lo.”
                “Ya pasti sayang-lah, kampret. Gue kan anak semata wayangnya. Emang lo, sepupu juga bukan!” semprot gue. Ngaco nih anak.
                “Okeh-okeh-okeh… wani piro?”
                Malah becanda. Gue timpuk aja kepala botak Dody pake guling naruto gue. Dia meringis sekaligus nyengir kuda. Pantes banget!
                “Serius, lo Dod. Nyokap kan percaya banget tuh sama lo. Lo bilang aja gue lagi puasa atau apa kek. Jangan lo bilang kalau gue lagi ngedeketin cewek. Bisa stress mereka.”
                Haha, gue lupa. Mami sama Papi gue tuh emang rada-rada aneh. Gue kan anak semata wayang mereka. Sebenarnya sih gue anak kedua. Kakak gue meninggal karena sakit waktu masih berumur 3 tahun. Lagi lucu-lucunya gitu. Makanya Mami sama Papi merasa bersalah banget atas meninggalnya kakak gue itu. Jadi begitu gue lahir dua tahun kemudian, mereka tuh protektif banget. Ngejagain gue mati-matian. Nggak mau kejadian yang menimpa kakak gue terulang lagi.
                Mami tuh Cuma bolehin gue berteman sama 1 orang aja. Maksudnya temen deket yang boleh diajak main ke rumah, belajar bareng, jalan bareng, de-el-el. Waktu SD gue bertemen deket sama Radyt, SMP sama Gilang, dan sejak SMU sampai sekarang sama bocah gundul yang rambutnya gak tumbuh-tumbuh, boncel dan banyak maunya ini, bernama Dody Prasetyo. Nama yang aneh. Gue juga gak tau kenapa bisa berteman akrab dengan makhluk nyebelin ini. Anehnya lagi Mami sama Papi koq suka ya sama dia. Gue sih udah lupa gimana pertamanya mereka bisa jatuh cinta dan kepincut sama Dody. Yang gue inget, Mami pernah bilang gini :
                “Nak Dody, bantuin Tante ya jagain Andre. Tante gak mau terjadi apa-apa dengan Andre. Anggap aja Andre tuh sodara Nak Dody ya.”
                “Iya Tante, Dody janji.”
                Pake acara janji-janjian segala lagi. Jadi tameng tuh janji. Kalo ada apa-apa, si Dody pasti ikut campur sambil berkilah, ‘gue udah janji Ndre sama nyokap lo buat terus jagain lo’. Emangnya gue anak bayi apa harus dijagain terus.
                Gilanya si Dody, malam ini dia juga janji ke gue bakalan bantuin proyek cinta gue. tentu saja dengan syarat dan ketentuan berlaku, udah kaya iklan provider aja. Syaratnya sih gampang, apa lagi kalo bukan makanan yang enak-enak. Perut gembul tuh anak ternyata emang melar abis. Okelah tidak masalah, yang penting misi gue bisa berjalan dengan lancer.
                Dan gue gak mau kalah tentunya. Gue juga ngasi tugas yang nggak kalah beratnya.
“Pokoknya lo mesti bantuin gue.  lo kan udah janji sama nyokap gue buat jagain gue. Jadi mulai besok lo harus antar jemput gue pake motor lo.” Ancam gue.  Dody membisu seolah lagi mikirin cara buat menolak.
“Busyet, mesti jam berapa gue berangkat dari rumah, Coy?” akhirnya nada keberatan terucap juga dari mulut Dody.
“Gue gak mau tau. Gue gak mau kelihatan childist di depan Maura.  Demi masa depan gue. lo harus dukung gue, Dod! Pokoknya kalo gue berhasil dapetin Maura, lo gue traktir martabak telor setiap hari selama 1 semester, muntah, muntah deh lo”
Akhirnya keesokan harinya Dody jemput gue, sambil ngedumel pastinya. Mukanya kusut kayak kurang tidur gitu. Tapi gue gak peduli. Yang penting gue tidak dianter Mang Udung, sopir pribadi gue dan ditungguin seharian di depan kampus kayak anak kecil yang takut kesasar pulang.
Siang ini gue sengaja datang lebih pagi supaya bisa nyegat Maura yang pasti datangnya pagi juga. Biarpun kuliah baru dimulai jam setengah sembilan, tapi Maura biasanya sudah mangkal di perpus dengan tumpukan buku di mejanya. Dia emang termasuk mahasiswi yang rajin. Nggak heran kalau IPK dia gede terus.
“Pagi, Maura,” sapaku begitu melihat Maura lewat. Di kiri kanannya sudah nempel dua cewek berisik yang tidak pernah jauh dari Maura.
“Tumben lo pagi-pagi udah di sini,” yang nyahut malah Dea, cewek centil berambut pendek sambil nyengir nggak jelas.
“Iya nih, biasanya kan lo datangnya pas kelas udah mulai. Udah gitu pake acara dikejar-kejar sopri  lagi karena bekel lo ketinggalan, “ timpal Lusi disambut gelak tawa ketiga cewek itu bareng.
Gue malu setengah mati kalau mengingat kejadian itu. Jadi ceritanya waktu itu gue kesiangan, jadi begitu mobil parkir di depan kampus, gue langsung cabut menuju kelas. Eh  Mang Udung malah ngejar-ngejar sambil nenteng bekel roti gue. Yang bikin gue malu, pastinya Maura ternyata jadi tahu kejadian itu gara-gara dua cewek ajudannya itu.
“Gue boleh ngomong nggak, Ra?” tanya gue berusaha tetap cuek.
“Ngomong aja di sini,” lagi-lagi Dea yang jawab.
“Eh, ada Dea sama Lusi, kirain Maura lagi sendiri,” ledek gue. Gue tarik tangan Maura menjauh dari dua makhluk rese itu.
“Ada apa sih, Ndre?” tanya Maura begitu gue bawa dia menjauh dari kedua sahabatnya itu.
“Gue mau ngomong,” jawab gue.
“Iya ngomong aja, gue buru-buru nih, nggak enak sama Dea dan Lusi.” Maura melirik ke teman-temannya yang lagi nunggu di seberang koridor.
“Ya udah, ntar gue ngomong tapi gak di sini, ya,” gue coba ngulur waktu buat bikin janji sama Maura.
“Gue gak  ada waktu, Ndre. Gue banyak urusan. Cepetan deh ngomong gue mesti nyiapin data nih buat presentasi di kelas,” Maura malah mendesak gue.
“Ya, udah. Gue ngomong sekarang,” tenggorokan gue serasa tercekat. Lidah gue mendadak mati rasa. Tapi gue harus ngomong daripada ditunda-tunda yang malah justru bikin gue tambah ribet.
Maura menunggu dengan kesal. Wajah orientalnya malah tambah manis dan bikin gue geregetan.
“Gue suka sama, lo,” gue menelan ludah. Akhirnya kata itu terucap juga. “Gue pengen lo jadi cewek gue.”
Maura menarik nafas seblum menjawab, “Gue nggak bisa,” singkat.
Gue bingung mesti ngomong apa. “Tapi kenapa, Ra?”
“Yah, gue nggak bisa aja. Nggak harus ada alasan kan?” jawabnya membuat pikiran gue tambah runyam. Rasa percaya diri gue mendadak luntur di depan dia.
“Harus ada penjelasannya kenapa dong, Ra. Gue emang nggak ganteng, nggak kaya, nggak jago maen basket, tapi emang kenapa kalo gue gak seperti itu?”
“Denger ya, Andre. Kalo lo butuh penjelasan, sini gue jelasin. Gue nggak mau aja pacaran sama cowok brewok yang setiap hari dijagain sopir Maminya ke mana-mana. lo tuh kekanak-kanakan banget, tau nggak, Ndre. Very childist!”
Sebegitunya kah gue di mata Maura. Kalau diantar jemut bahkan ditungguin sopir ribadi sih memang iya. Tapi kalo dibilang gue kekanak-kanakan, gue bisa aja nyanggah dan melakukan pembelaan. Selama ini gue gaul dengan anak-anak kampus lainnya. Ikut club basket meskipun bukan jadi kaptennya. Rutin latihan renang, ikut mapala juga, malah belakangan ini gue nambah ilmu gue dengan ikut kelas penulisan. Gue pengen skripsi gue nantinya bagus. Terus di mana letak gue childist-nya?
“Ra, gue gak seburuk yang lo kira,” Cuma kalimat itu yang sempat gue ucapkan sebelum gue lihat Maura ngeloyor meninggalkan gue dalam kekecewaan dan rasa malu. Gue membuang muka jauh ke arah lapangan basket. Dan di sana gue lihat Dody sedang menutup mukanya.
Berantakan sudah rencana gue. Apa yang sudah gue bangun selama ini, sama sekali hancur. Keberanian, rasa percaya diri, dan semua rencana gue kacau balau. Sampai malam gue masih kepikiran kejadian tadi pagi. Maura menolak gue mentah-mentah. Gue coba telpon dan menanyakan supaya dia mempertimbangkan kembali omonganny, Maura malah marah-marah dan menyuruh gue merubah sifat gue. Sifat yang mana, Ra?
Sebaliknya, gue malah nggak mau nerima telpon dari Dody. Setelah berkali-kali dia mencoba ngehubungin gue, akhirnya gue angkat telpon dan marah-marah tanpa sebab. Duh sorry Dod, gue lagi bête nih.
Ternyata sakit hati gue  masih kerasa sampai besok paginya. Lusa, dan lusanya lagi. Gue malah sempat bolos beberapa hari tetapi terpaksa masuk setelah Dody maksa gue supaya gak bersikap konyol seperti itu. Gue pun ke kampus dengan malas-malasan. Gue masih nebeng motor Dody dan nolak semua bekal yang diberikan nyokap.  Malamnya gue nginep di rumah Dody.
“lo nggak bakalan dicari nyokap lo, Ndre?” Tanya Dody waktu gue rebahan di kasurnya.
“Please deh, Dod. Gue kan bukan anak kecil!” balas gue.
“Sorry .. tapi seenggaknya lo telpon nyokap lo dulu kek.. kasian entar tante Vira nyariin lo lagi?”
Gue ambil hape dan keluar dari kamar Dody menuju halaman depan rumahnya. Gue telpon nyokap ngabarin kalo gue mau nginep di rumah Dody. Lumayan kayaknya kalo gue bisa nginep di sini semalam. Rumah Dody asri dengan banyak tanaman hijau di pekarangan rumahnya. Di sekitar garasi yang lumayan luas itu, selain ada mobil, motor yang biasa Dody pake ke kampus, sebuah motor  yang kelihatannya masih baru, juga ada beberapa pohon dalam pot besar di pinggir-pinggir garasi.
“Boleh, Ndre?” Tanya Dody lagi begitu gue balik ke kamarnya.
“Sialan, lo!” maki gue nggak jelas. Lagian pake nanya boleh apa enggak. Kesel juga si Dody beneran nganggep gue kayak anak kecil begitu. “Itu motor baru lo, Dod?” gue coba mengalihkan pembicaraan, “Bagus juga.”
“Emh, iya. Tapi belum bisa dipake, plat nomornya baru keluar minggu depan. Ntar kalo udah ada, lo boleh pake,” Jawabnya santai.
Seminggu berlalu. Gue udah mulai rada bisa melupakan kejadian penolakan mentah-mentah cinta gue oleh Maura. Tapi sikap gue ke nyokap juga masih sama. Walaupun kelihatannya nyokap kecewa karena bekal sarapan dan makan siangnya gue tolak, tapi gue merasa lebih nyaman. Bukan apa-apa, gue fikir ini akan merubah kebiasaan yang selama ini membuat orang salah nilai tentang gue. Tapi dasar Mami. Dia sembunyi-sembunyi nitipin air mineral ke Doddy. Katanya sih, takutnya gue males beli minum ke kantin. Dasar. Tapi gak apa-apa deh. Itu berarti Mami enggak marah ke gue.
Gue juga beberapa kali berpapasan dengan Maura. Tapi dia kelihatan sama sekali tidak memperhatikan gue. Hanya dua dayang-dayang sok seksi itu aja yang selalu bisik-bisik kalo ketemu gue.
                “Ndre, gue duluan, ya. Ada perlu nih.” Gue sama Dody baru aja makan mie ayam. Menu favorite gue selama puasa bekel dari Mami.
                “lo mau ke mana? Terus gue pulang sama siapa?”
                “Jiaahh, katanya bukan anak Mami, masa nanya pulang ama siapa segala. Apa mesti gue telpon bokap lo supaya nyuruh Mang Udung jemput lo di sini?” jawabnya nyebelin.
                “Enggak-enggak, rese lo. Ya udah gue jalan sendiri aja deh,” ucap gue masih kesel.
                “Ya udah, gue bentar koq. Ntar jam 11 gue jemput lo ke sini deh, tapi… tapi… gue titip absen ya?” Dody langsung tancap gas.
                Tapi beneran jam sebelas lewat dia udah balik lagi. Tapi kali ini dia datang dengan motor baru yang kemaren gue lihat di garasi dia. Tapi kali init uh motor sudah ada plat nomornya.
                “Wah ganti motor, bro,” ucap gue ngiri.
                “Iya, lo mau coba?” tawarnya. Tentu aja gue nggak bakalan nolak. Dody melemparkan kunci dan memberikan helm ke gue. Wah asyik juga bawa motor baru. Ini kan yang diiklanin Rossi. “Tapi anter gue dulu ya ke café tante gue. Ada yang mau gue ambil.
                “Okey, santai aja, yang jauhan dikit juga gak apa-apa,” seperti baru dapat mainan baru gue seneng banget.
                Nggak begitu lama gue sama Dody sudah berada di café adik mamanya Dody. Motor dia sudah mangakal di situ. Tapi koq ada mobil bokap gue juga ya. Tanp banyak Tanya gue masuk ke café dan benar aja gue lihat Papi sedang duduk di situ. Lah tapi koq ada Maura sama dayang-dayangnya itu.
                “Pih?” Tanya gue.
                “Nah itu dia datang… sini duduk, Ndre,” ajak Papi seolah memang sedang nungguin gue.
                “Papi ngapain di sini?’ Tanya gue sambil malu-malu melirik Maura. Maura nunduk meskipun Dea sama Lusi nyikut-nyikut sambil bisik-bisik nggak jelas.
                “Lah, emang Dody belum ngomong ya, Ndre?” Papi balik nanya.
                Gue nengok ke arah Dody sambil geleng-geleng kepala nggak ngerti.
                “Om aja deh yang jelasin,” ucap Dody.
                “Ndre, Papi minta maaf ya, selama ini Papi sudah ikut campur urusan kalian,” kata Papi.
                “Urusan yang mana, Pih?” Tanya gue makin nggak ngerti. Tapi begitu Papi melirik Maura, gue baru ngerti kalo pasti si Dody udah ceritain tentang perasaan gue ke Maura.
                “Pai sadar, kalau selama ini Papi sama Mami Kamu tuh terlalu berlebihan menunjukkan kasih sayang kami. Kami Cuma takut kehilangan Kamu, Ndre. Sehingga kesannya Mami sama Papi memerlakukan Kamu seperti anak kecil. Tapi begitu melihat perubahan sikap Kamu yang terjadi akhir-akhir ini, Papi baru ngeh kalo anak Papi tuh udah gede. Malahan udah mulai jatuh cinta,” lagi-lagi Papi melirik Maura.
                Duh, Papi, jangan bilang Papi yang mengundang Maura ke sini untuk membujuk dia menerima cinta gue. Bisa jatoh banget martabat gue kalo begitu.
                “Sorry, Ndre, sebenarnya gue udah pernah ketemu Papi lo beberapa kali di sini. Kebetulan gue emang langganan kue di café tante Irma. Begitu juga Papi Mami lo,” Maura angkat bicara.
                “Gue kan udah minta lo nggak ceritain ini ke bonyok gue,” bisik gue ke Dody sambil menyikut rusuknya.
                “lo Cuma bilang jangan kasi tau ortu lo kalo sedang jatuh cinta. lo nggak bilang kalo gue nggak coleh cerita kalo lo patah hati, kan?” Dody meringis. “Sorry Ndre, gue udah investigasi, ternyata Maura tuh suka sama lo, Cuma…”
                “Iya, Ndre, maafin gue. Gue emang suka sama lo. Tapi gue bingung kalo jalan sama lo tetapi Elo masih diperlakukan seperti anak kecil oleh keluarga lo. Makanya gue curhat sama Papi lo, dan ternyata Papi lo sependapat dengan gue. Maafin gue, ya, Ndre…”
                Jadi Papi sama sekali nggak ikut campur dan minta Maura buat nerima cinta gue demi untuk membuat gue seneng. Dan ternyata yang bikin gue lega dan super bahagia, Maura ternyata suka juga ke gue. Gue seperti mendapat kabar paling menyenangkan hari ini.
                Papi tersenyum sambil mengacak-acak rambut gue. “Ya, udah Kamu anterin Maura deh pake motor baru Kamu,” usul Papi, “Biar Dea sama Lusi Papi yang anterin,”
                “Motor baru Andre, Pih?” Tanya gue heran. Kapan kali gue punya motor.
                “Hehe.. sorry ya, Ndre, tuh motor udah gue test drive. Habis nginpe di ruah gue terus sih…” Dody mengeluarkan sesuatu dari dompetnya. Sebuah STNK dengan nama gue tertera di sana.
                “Jadi ini motor buat Andre, Pih?” Tanya gue sama sekali nggak percaya dapat dua  durian runtuh dalam sehari.
                Papi mengangguk. Gue langsung jingkrak dan spontan menarik lengan Maura menuju motor yang dalam sedetik menjadi milik gue itu. Maura kelihatan sangat senang.
                “Ini untuk merayakan hari jadian kalian. Hati-hati ya, jangan ngebut!” Papi menepuk pundak gue. Ya ampun, gue serasa melayang. Ringan banget rasanya badan gue. Ternyata cnta ditolak bokap beneran bertindak. Sikap bokap sama nyokap bisa berubah juga gara-gara gue jatuh cinta. Dan tindakan bokap dengan membelikan gue motor baru membuat gue sangat terharu. Ternyata bokap sama nyokap gue tuh sayang banget sama gue. Dan sekarang lengkap sudah dengan kehadiran Maura di sisi gue. Urusan Dody, gue belum kepikiran, mau digimanain. Hahahaha…. Baybay… [24 Mei 2011}    

*

Catatan buat sahabat penulis, ni cerpen jangan ditiru ya, gaya bahasanya hancur habis.. EYD nya kacau balau. Banyak bahasa alay yang seharusnya dipangkas (cuma kalo banyak yg dipangkas, isinya tinggal kulit doang dong, hihi) Pokoknya kalo cuma buat hiburan doang sih boleh lah, (kalo emang certanya cukup menghibur!)
Buatlah karya yang jauuuuuh lebih bagus dari karya orang lain, apalalgi cerpen anyeh di atas. hehe... (sebelum ada yg bantai, ya bantai sendiri aja, hiks)

 
 
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar