Kamis, 12 Januari 2012

Cerita Mini : Gara-gara Sok Akrab

oleh Kamiluddin Azis pada 17 November 2011 pukul 20:46
GARA-GARA SOK AKRAB
Kamiluddin SM Azis

             Masuk semester ganjil, aku mau cari suasana baru. Tempat kost baru, temen-temen baru, pacar baru. Makanya aku minta bantuan Agi, temen paling deket di kampus buat nyariin tempat kost baru.
            “Elo! Gara-gara putus cinta sama Diya, kali, ya?” komentar Agi. Bukannya bilang ‘iya’ gitu mau bantuin, malah nyinggung-nyinggung soal Diya. Padahal aku kan baru minum panadol. Sudah lupa tuh!.
            “Gua nggak tahan, Gi. Maminya Diya kok cerewet banget akhir-akhir ini.”
            “Elo juga sih. Sama camer, pelit banget. Nggak nurut lagi. Jangan nyeteltape kenceng-kenceng, bapak lagi sakit! Jangan bawa temen lebih dari dua orang, boros air! Jangan ini-itu. Lo malah ngebandel. Jadinya....” Agi nyerocos kaya lagunya Iwa K yang nge-rap itu.
            Sebenarnya iya juga sih. Sejak aku putus dengan Diya, anak bungsu ibu kostku, belakangan ini perasaanku suka sebel kalau ibu kostku marah-marah. Ngelarang ini, ngelarang itu. Padahal dari dulu juga semua tahu kalau dia memang bawel. Cuma waktu itu aku kan masih pacaran sama Diya. Oke-lah nurut aja. But now... nggak, ah!
            “Udah deh. Entar siang Elo liat tempat kost gua. Kali Elo cocok. Soalnya di tempat kost gua yang ada cowok melulu. Kering!” Akhirnya Agi ngasih jalan.
            Siangnya sepulang kuliah, aku langsung ngekor Agi ke tempat kostnya. Jauh juga, ternyata. Tapi singkat cerita, sampai deh.
            “Ini kamar keramat gua.” Agi ngenalin kamarnya.
            Gila, berantakan banget.
            “Abis pesta, Gi?” ungkapku nyindir. Mudah-mudahan sih Agi nggak ngerti. Kalo kesinggung, kan berabe. Salah-salah Agi jadi males bantuin nyariin tempat kost.
            “Temen-temen gua, pasti nih!” Agi mengendus. Agaknya dia punya temen kost yang suka bikin berantakan.

            Bener juga. Soalnya nggak lama setelah Agi bersungut-sungut, muncul seorang cowok berjanggut dikit bareng dua cewek cakep.
            “Hai!” sapa mereka.
            “Hai juga,” balasku. Tapi mataku Cuma terpusat pada salah satu cewek itu. Cewek imut yang rambutnya dikepang dua.
            “Ikut ospek, ya?” tanyaku sok akrab.
            Cewek itu cuma senyum. Iya, kali, ya.
            “Di Djuanda?” tanyaku lagi ketika cewek satunya lagi masuk. Si janggut dikit sih udah ke mana.
            “Iya. Kamu?” Dia balik nanya. Tangannya menggapai kepangan kirinya dan membukanya pelan.
            “He, emh. Semester tiga.” Jawabku. Sedikit kutengok Agi sedang beres-beres sambil manyun.
            “Kost di sini?” tanyanya lagi. Kali ini rambutnya sudah terurai semua. Wah, tambah cakep, Bo!
            “Enggak. Aku lagi nyari lagi.”
            “Emangnya kemaren kost di mana?”
            Kami mulai akrab. Dan karena udah akrab, boleh ong duduk deketan. Cewek imut – aku lupa kenalan (saking asyiknya ngobrol)  duduk close banget denganku (atau aku yang ngeclose-in diri?)
            “Kemaren sih kost deket kampus. Cuma nggak betah. Ibu kostnya cerewet banget. Ini nggak boleh, bawa temen banyak jangan. Nyetel tape kenceng-kenceng, awas!. Pulang malem diomelin. Padahal, kan kita sebaya. Ya nggak?” cerocosku.
            “Masa sih?” komentar gadis baruku itu. Wuih, ge-er duluan.
            “Iya! Pernah aku kena semprot, gara-gara ketauan bawa temen cewekku ke kamar. Padahal kita cuma belajar bareng kok.” Aku rada-rada ngeboong. Dan kayaknya jurus jituku bikin doi tambah seneng diajak ngobrol.
            “Temen apa temen?” Doi mesem-mesem. Ngegemesin!
            “Ya, waktu itu sih pacaran. Dan tau, nggak. Ibu kost ngambek karena pacar yang aku ajak ngamar itu anaknya sendiri. Ha..ha..ha..! Diya namanya. Tapi  sekarang sudah bubaran kok. Abis, masa pacaran nggak mau diajak jalan, nonton, ke mall, kan kampungan tuh!”
            Cewek yang baruketauan ada kempot di pipinya itu mesem lagi.
            “Eh, tau nggak. Pernah suatu kali aku ajak Diya ke diskotek. Sembunyi-sembunyi, maklum.... eh malah nangis. Dikiran aku mau memperkosa, apa?” Boong lagi. Abis seneng sih ngeboongin cewek baru yang masih polos kayak gini. Adik kelas lagi.
            “Ngomong-ngomong Kamu kost di sini?” Aku mulai nyelidik. Capek juga nyerocos kayak petasan cabe.
            “Enggak. Kebetulan Pingki, adik Kak Galuh, kost di sekitar sini, jadi sekalian fotocopi aku mampir ke sini,” Dia menjelaskan. Oh, cewek hitam manis satunya lagi itu, yang namanya Pingki itu adiknya si janggut dikit, yang punya nama keren, Galuh. Dan si janggut dikit itu, kali temen sekamarnya Agi.
            “Trus Kamu tinggal di mana dong?” aku jadi penasaran. Kali diajak nganter, kali ditawarin kost bareng, trus jadi pacarnya. Kan ngeres, eh, asyik.
            “Beres...” Agi tiba-tiba muncul. “Masuk yuk, La, It!” ajaknya. Kayaknya bersih-bersihnya udah kelar.
            “Enggak,ah, Gi. Lala mau pulang aja. Udah sore nih,” jawab, oh, Lala ternyata namanya. Seimut orangnya.
            “Aku anterin, ya!” laguku nawarin jasa.
            “Nggak usah. Deket kok,” elak Lala.
            “Di mana, La?” Inget pertanyaanku yang belum sempet dijawab Lala tadi.
            “Deket kampus Djuanda kita.”
            “Lala kan sepupunya Diya, It. Anak kakaknya ibu kost Elo,” jelas Agi.
            My God! “Iya, La?” Aku nggak percaya.
            “Iya. Sampai nanti, ya.” Lala berlalu dengan seulas senyum mengembang di bibirnya. Apakah arti senyummu, La?
            “Elo!” Aku nyikut perut Agi. Yang disikut meringis nahan sakit. “Cerita kek dari!” bentakku lagi
            “Emangnnya dia nggak cerita?”
            “Kagak! Malah gua yang cerita banyak soal ibu kost yang cerewet. Diya yang kampungan. Waduh gimana nih?” aku jadi blingsatan sendiri.
            “Agi ngebelalak. Kaget, kali. Tapi tak lama dia keliatan girang banget. Masa?!
            “La... namanya Cait!!” teriaknya pada Lala yang udah mulai belok keluar gang.
            Lala yang belum budek noleh sambil ngacungin jempolnya. Terus ditukikin. Apa lagi maksudnya?
            Kacau, gerutuku. Nyesel setengah mati. Tiba-tiba aku inget kalo Diya pernah cerita kalo sepupunya yang di Jakarta bakal kuliah di Djuanda Bogor sini. Di Jakarta kan suasananya lagi nggak tenteram. Eh, sekarang malah pikiranku yang nggak tenteram.

 *

Kisah Singkat (Kissing) ‘Gara-gara Sok Akrab’ ini merupakan salah satu hasil karya penulis yang pernah dimuat di Majalah Aneka Yess pada medio tahun 1997, saat penulis masih duduk di bangku kuliah semester 2. Saat ini penulis bekerja sebagai accounting di sebuah perusahaan swasta nasional sambil tetap giat menulis cerita anak, cerpen remaja, novel dan buku-buku literatur. Penulis juga mengelola sebuah Taman Bacaan di komplek Perumahan Margaasih Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar