Minggu, 01 April 2012

THE KITE RUNNER


SI PENGEJAR LAYANG-LAYANG YANG RELA BERKORBAN DEMI SAHABATNYA

Afganistan, negeri yang rapuh karena telah porak poranda oleh kebiadaban perang. Kehidupan menjadi sangat memprihatinkan, bukan saja penderitaan lahir, tetapi juga penderitaan batin yang sangat dalam. Konflik yang lahir setiap hari telah menekan orang-orang yang hidup di sana menjadi manusia yang kuat dan sanggup bertahan dalam keadaan segenting apapun. Mereka rela mati di tanah kelahirannya dan memperjuangkan segalanya demi Afganistan.

Novel ini berisi tentang kisah persahabatan dua anak manusia yang hidup rukun sejak kecil. di tanah Afganistan. Meskipun berbeda status sosial, tetapi kedekatan mereka mempengaruhi hidup dan masa depan keduanya. Hassan si pengejar layang-layang adalah anak dari pembantu di keluarganya. Hassan rela melakukan apa saja demi Amir, anak majikannya yang juga sahabatnya itu. Termasuk mengejar layang-layang dan menjadi korban kebrutalan anak-anak yang seringkali mencari masalah dengan Amir.

Novel yang sangat mengharukan dan penuh hikmah. Kisah persahabatan antara Amir dan Hassan, pengkhianatan Amir terhadap Hassan dan penebusan dosa Amir belasan tahun kemudian, yang dituturkan  Khaled Hosseini dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami sangat memikat dan membuat saya tidak  ingin berhenti membacanya. Saya juga menonton filmnya beberapa kali dan hanyut dalam kisah yang menggetarkan. Saya berencana menonton kembali filmnya sore ini.

Coba saja Anda baca sinopsis novel ini. Pasti Anda segera ingin memilikinya.

2 komentar:

  1. saya sudah lihat filmnya dan memang menggetarkan, sekaligus geleng2 kepala sob, sampe merinding, :D
    salam kenal ya :D

    BalasHapus
  2. salam kenal juga Mas..
    malam tadi saya nonton lagi film ini, sekedar untuk mengisi batin saya, hehe.. dan saya masih tetap menangis dan merasa sangat terharu..

    BalasHapus