Rabu, 04 Desember 2013

GO GREEN



3R, PALING SEDERHANA UNTUK DILAKUKAN

Beneran deh, semakin ke sini, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan, semakin membaik.  Kampanye Go Green yang sering digelar oleh aktivis lingkungan ataupun instansi yang peduli terhadap isu keamanan lingkungan sedikit banyak berpengaruh terhadap pergeseran pola pikir masyarakat, terutama di daerah perkotaan yang notabene penyumbang terbesar kerusakan lingkungan.
Sebagai makhluk bumi mau tak mau kita harus menjaga dan melestarikan alam, bagaimanapun caranya. Kalau merasa berat menjadi anggota pecinta lingkungan dengan ikut andil menanam pohon-pohon di lahan terbuka, kita bisa memulainya dengan tindakan sederhana.  Pasti semua sudah pada tahu kan, metode umum yang gencar dipublikasikan di mana-mana : 3R (Recycle, Reuse dan Reduce)
Ok… ok… kalau begitu saya ingetin lagi deh, barangkali ada yang hanya tahu dan ngeh kepanjangan 3R-nya saja.Tapi mau ngapain dengan 3R itu, masih bingung.

Reduce ialah mengurangi pemakaian bahan-bahan yang berkontribusi merusak alam. Kurangi menggunakan bahan-bahan yang tidak terlalu perlu, seperti tissue, popok bayi, juga kantong plastik saat belanja ke supermarket. Tidak perlu minta tambah saat belanjaan banyak. Sebaiknya membawa kantong besar dari rumah, atau kantong khusus ramah lingkungan yang  bisa dipakai berkali-kali. Kebiasaan membeli minuman dan makanan dalam kemasan juga bisa dikurangi dengan membawa bekal dari rumah. Gunakan tempat minum atau makanan yang ramah lingkungan dan aman dipakai berkali-kali demi alasan kesehatan. Plastik itu penguraiannya bisa memakan waktu ratusan tahun lho! 

Reuse ialah memakai kembali barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan. Jika barang-barang lama yang tidak terpakai dan numpuk di gudang masih layak pakai, sebaiknya disumbangkan pada mereka yang membutuhkan. Jadinya, mereka tidak perlu beli kan? Daripada membeli pot mahal untuk menanam bunga di taman, sebaiknya menggunakan ember-ember bekas kaleng cat. Kalau ingin terlihat cantik, sedikitlah kembangkan imajinasi dan daya kreativitasmu dengan menghiasnya.

Recycle ialah mendaur ulang barang usang. Yang paling mudah ialah mendaur ulang sampah rumah tangga baik organik maupun non organic. Contohnya banyak banget : mendaur ulang kertas bekas untuk dijadikan sesuatu yang memiliki nilai lebih, bahkan berdaya jual tinggi. Di beberapa daerah, bahkan ibu-ibu yang kreatif merubah plastic-plastik bekas deterjen, pewangi pakaian, kantong minyak, dan lain-lain menjadi barang kerajinan yang bagus dan berguna, juga bernilai jual tinggi tentunya. Kulit-kulit buah, sisa sayuran yang terbuang bisa diubah menjadi pupuk. Kotoran hewan peliharaanmu juga sangat bagus dijadikan penyubur tanaman.
Kreasi saya: Album Prangko dari bekas kalender meja

 Nah, 3R ini bisa dilakukan sendiri-sendiri jika kita memang ingin tetap bisa menikmati segarnya bumi hingga. Kita melakukan ini semua bukan hanya sebagai warisan untuk anak cucu kita, tapi kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini saja belum tentu membuat diri kita selamat dari ancamannya. 

So, do it for now… safe the earth. Go Green … Go Green.. Go Green…

Oh iya…  tadi sempat disinggung sedikit tentang penggunaan tempat makan dan minum yang ramah lingkungan sebagai pengganti air minum dalam kemasan dan nasi/makanan kotak. Sekarang ini banyak sekali tempat makan dan minum untuk bekal si kecil sekolah atau makan siang suami di kantor. Pesan saya, pilih  produk yang benar-benar sudah teruji kualitasnya. Perhatikan bagian bawah produk yang ada tanda aman dan bisa dipakai berulang-ulang, tidak luntur oleh panas yang menyebabkan zat-zat kimia bahan menyatu dengan makanan.
Tupperware adalah yang terbaik saat ini. Dengan aneka ragam bentuk dan model yang disesuaikan dengan kebutuhan, produk ini bukan saja ramah lingkungan tetapi fashionable dan trendi. Menjadikan pemakainya tampak lebih berkelas. Dibanding membeli minuman botol seharga Rp. 500 perhari, lebih baik membeli tumbler Tupperware seharga Rp. 25.000,- yang bisa dipakai bertahun-tahun dengan garansi pula.

Saya kasi tips juga sedikit ya, (hehe sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit ya…) beli produk Tupperware melalui Online Store yang memberikan harga khusus, yaitu http://tupperwarepromodiskon.blogspot.com/

Untuk yang sudah menjadi Consultant produk ini, bisa juga beli di OL Store ini jika kebetulan membutuhkan produk unlimited. Silakan hubungi saja si empunya blog. Promo link ini juga merupakan salah satu upaya saya untuk ikut kampanye Go Green lho… hehe
Semoga bermanfaat.

Tunggu liputan saya tentang :
-. Menyulap kain perca menjadi 'sesuatu' yang lebih berguna
-. Membuat Album Prangko dari Kalender bekas
-. Bekas pasta gigi jadi keranjang cucian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar