Rabu, 20 November 2013

KESAN ULTAH KINOMEDIA WRITER ACADEMY




LANGKAH AWAL MENUJU SUKSES


Setahun yang lalu sebuah naskah remaja karya saya berhasil menembus penerbit mayor melalui mediasi Kinomedia Writer Academy (KWA). Wah senangnya bukan main! Selain mendapatkan honor, novel perdana saya pun terbit. Saya pun semakin banyak dikenal orang dan mulai diperhitungkan sebagai penulis.
Sejak saat itu pula semangat saya semakin menggebu. Apalagi Bang Novanka Raja, Mbak Riri Ansar dan beberapa tim Kinomedia lainnya selalu menyebarkan spirit melalui postingan-postingan inspiratif mereka di grup. Rasanya tak sabar untuk kembali menerbitkan karya melalui KWA.
Di KWA juga saya mengenal teman-teman baru. Ada Hardy Zhu, Mitha Juniar, Alvian, Sherina Salsabila, dan masih banyak teman lainnya dari seluruh pelosok tanah air. Saya juga mengajak teman-teman penulis lain bergabung di grup keren ini untuk menerbitkan karya. Sebut saja Mbak Endang SSN, Mbak Nenny Makmun, Petra Shandi, dan Eric Keroncong Protol yang pada akhirnya berkiprah dan memulai karier kepenulisan mereka melalui KWA. Seru, menyenangkan sekali rasanya bisa berkarya bersama sahabat dalam satu wadah.
Saya salut dengan penulis-penulis KWA. Mereka tidak terlalu mengutamakan materi dan popularitas. Bagi mereka, menciptakan karya yang berguna untuk masyarakat, itu jauh lebih penting dan memuaskan ketimbang honor ataupun ketenaran. Saya semakin sadar bahwa kualitas karya itu tidak diukur dari banyaknya buku yang terjual, tetapi manfaat yang diberikan buku itu bagi pembacanya. Kalian juga pasti setuju kan?
Oh iya, selain novel-novel yang terbit di penerbit mayor yang bekerjasama dengan KWA itu laku keras di pasaran, banyak juga lho yang sudah dibuatkan film! Salah satunya ialah ‘Air Mata Terakhir Bunda’ yang mendulang sukses dan menyedot banyak sekali penonton. Kalau lihat promo-promonya di wall grup, pengin banget rasanya, suatu hari nanti karya saya bisa difilmkan seperti itu. Amin…
Saya mungkin jarang mengomentari atau ikut diskusi di grup, tetapi saya selalu rajin membaca postingan-postingan Bang Novanka Raja yang berisi motivasi dan tips menulis. Juga tips-tips dan diskusi lain dari penulis-penulis kenamaan di KWA. Ingin sekali sebenarnya saya bertandang ke base camp Kino di Tangerang untuk menimba ilmu dan pengalaman dari mereka. Tapi saya belum punya waktu liburan yang pas untuk ke sana. Maklum, saya bekerja full time sebagai karyawan sebuah perusahaan swasta yang waktu liburnya terbatas.
Adalah Petra Shandi, teman baik saya yang pernah main ke base camp KWA. Wah mendengar ceritanya, membuat saya semakin iri saja. Petra bisa mengenal semua kru KWA yang tidak pelit berbagi ilmu dan pengalaman mereka. Bukan saja tentang dunia menulis, tetapi juga penerbitan, talk show, dan lain-lain. Sedangkan saya baru bisa ngobrol via BBM saja. Itu pun kadang ragu karena takut mengganggu waktu mereka. Semoga suatu hari nanti saya bisa ke sana. Amin…
Untuk teman-teman yang belum bergabung dengan grup ini, ayo joint! Tidak akan rugi kok! Malahan kalian untung bisa dapat ilmu banyak, teman-teman baru, dan kesempatan untuk menerbitkan karya di penerbit mayor! Kalau pernah mendengar gosip tentang Bang Novanka Raja yang galak (peace, Bang J!), jangan terlalu dihiraukan. Bukan galak sih, sebenarnya, melainkan tegas, karena Bang Novanka ingin kita sebagai penulis selalu disiplin dan mengikuti aturan supaya bisa menghasilkan karya terbaik. Betul kan, Bang?
Satu hal lagi, untuk menjadi penulis itu harus memiliki kesabaran ekstra. Saat kita sudah menyelesaikan sebuah karya dan mengirimkannya ke Kinomedia, kita hanya perlu konfirmasi apakah naskahnya sudah sampai atau belum. Di email kita juga sudah ada sebenarnya jawaban dari auto responden-nya KWA. Tapi kalau ragu ya sekali-kali bertanya boleh-lah. Asal, jangan keseringan bertanya tentang nasib naskah, kapan terbit (kalau sudah di-acc) atau kenapa naskahmu ditolak, yang hanya akan membuat pengurus KWA jengkel karena sebetulnya semua informasi penting biasanya diposting di grup. Jadi rajin-rajinlah mengecek grup, bila perlu atur notifikasi facebook-mu agar selalu mendapat info postingan terbaru.
Kinomedia benar-benar bisa menjadi jembatan untuk karier menulis. Buktinya saya. Novel kedua dan ketiga saya bisa dilirik dan di-acc penerbit lain karena novel sebelumnya yang terbit di Zettu, buah campur tangan KWA, cukup laku dan bisa diterima di masyarakat. Ini menjadi kredit point buat kita yang ingin karyanya diterbitkan penerbit manapun. Pengalaman menulis dan menerbitkan karya di Kino bisa menjadi langkah awal menuju kesuksesan. Belum lagi novel duet saya dengan Petra Shandi yang juga di-acc di Kino kini tinggal menunggu terbit. Wah, semakin banyak karya yang bermunculan sejak saya mengenal Kinomedia Writer Academy ini. Semangat yang tak pernah mati, dan menciptakan karya yang selalu hidup, kini menjadi motto hidup saya. Terima kasih sekali untuk Kinomedia.
Dan, di ulang tahun KWA yang kedua ini, izinkan saya ingin mengucapkan Selamat Ulang Tahun, semoga semakin berjaya, selalu konsisten dalam mencetak karya-karya hebat, dan bisa melahirkan penulis-penulis kenamaan di tanah air. Saya berharap bisa terus menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan KWA. Saya tak akan pernah berhenti berkarya meskipun kelak banyak novel saya yang difilmkan (ngarep banget! Amin, semoga sesumbar ini menjadi doa…).
Terima kasih Bang Novanka raja, Mbak Riri Ansar, Mpok Mercy Sitanggang, Admin Kino yang invisible dan rahhassiaa… juga semua sahabat yang tergabung di KWA. Yok berkarya demi kemajuan bangsa tercinta. Indonesia.
Salam…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar