Rabu, 20 November 2013

Lomba, Bukan untuk Mencari Juara



Sejak saya melakukan transformasi, mengalihfungsikan Taman Bacaan Pribadi saya menjadi sebuah rumah baca untuk warga, banyak ide menggeliat dalam benak saya. Kesemuanya terfokus pada upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama anak-anak di lingkungan saya, sebuah kompleks perumahan menengah di pinggiran kota Bandung, dengan berbagai kemajemukan sosial ekonomi di dalamnya.  

Saya memulai langkah awal dengan mengadakan sebuah kegiatan, semacam lomba kecil-kecilan dengan tujuan untuk memperkenalkan secara luar Rumah Baca yang saya buka untuk umum ini, agar ke depannya banyak pembaca yang mau memanfaatkan waktu dengan membaca koleksi di Rumah Baca yang saya beri nama Rumah Baca Pustaka Ilmu (RBPI). Apalagi belakangan saya juga membuka pintu donasi untuk siapa saja yang peduli dan mau berbagi menghibahkan atau sekedar menitipkan buku-buku layak baca di RBPI, dan kenyataannya membuat saya membelalakan mata lebar-lebar. Kepedulian itu rupanya masih sangat tinggi. Buktinya, dari beberapa penerbit yang saya hubungi, hampir 75% berkenan menyumbangkan buku-buku terbitannya. Belum lagi teman sesama penulis, pemerhati baca, juga komunitas baca yang memang selalu menyalurkan CSR dari perusahaan-perusahaan.Saya sudah mempersiapkan kegiatan lomba.

 

Dan yang membuat saya salut,   warga sekitar pun menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan donasi dalam bentuk apa saja : uang, Piala, produk, merchandise, dan sebagainya untuk men-support kegiatan lomba yang akan diadakan Minggu, 24 November 2013. Lomba yang akan digelar dalam rangka memperingati tahun Baru Hijriyah dan Hari Pahlawan ini ialah Lomba Mewarnai, Story Telling, dan Baca Puisi. Masing-masing untuk kategri TK, SD dan SMP.
Kegiatan ini bukan untuk mencari calon juara. Meskipun kelak pemenang mendapatkan predikat dan piala serta hadiah-hadiah hiburan, tetapi tujuan paling utama ialah melatih anak-anak agar berani tampil di depan publik, dan berani mengekspresikan bakat dan kemampuan mereka, sehingga kreativitasnya bisa dikembangkan lebih baik.



Semoga kegiatan ini lancar pada hari H-nya, dan memberikan dampak positif terhadap perkembangan minat baca masyarakat, terutama anak-anak.

Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada penerbit : Diva Press, Plot Point, Mizan, Tobuk Gramaedia PVJ, Seke Laundry, Tupperware Bandung, Sofia Shoes, Iwa Mas, juga sahabat-sahabat yang telah mendukung acara ini : Mbak Nenny Makmun, Petra Shandi, Toko Emas Rafly, Pak Detje, Om Broy, Pak Dartiwan, juga para relawan : Agus Iskandar, Lidya, Sucita, Elly, Indah, Wie, Faisal, Adra, Winda. Tak lupa pada Pak Rt 03/21 & Pak RW 21.

salam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar