Kamis, 16 Februari 2012

The Secret Life of Bees

Rahasia hidup yang layak diungkap

Setelah terpesona oleh acting Dakota Fanning dan empat artis berkulit berwarna, yaitu Queen Latifah (salah satu artis favorite saya), Jennifer Hudson, Alicia Keys, dan Sophie Okonedo, baru saya mau membaca bukunya. Novel karya Sue Monk Kidd itu sebenarnya sudah lama saya beli dan saya jadikan koleksi di taman bacaan saya, tetapi entah kenapa saya belum berminat dan belum sempat membacanya.

Kalau pada saat nonton filmnya saya merasa terharu dengan kisah dan perjalanan Lily (Dakota Fanning) dalam mencari tahu kisah lama ibunya yang sudah lama meninggal itu, maka ketika membaca versi novelnya saya seperti terbawa arus dan hanyut ke dalam setiap detil peristiwa. Setting cerita di daerah South Carolina pada tahun 1964, saat pertikaian antar ras dan diskriminasi sosial masih sering terjadi. Diskrimanasi warga kulit hitam oleh kulita putih masih kental terasa. Tetapi Lily yang dirawat dan diasuh oleh Rosaleen yang berkulit gelap bukan penganut rasis.


Kisah seru semakin menakjubkan ketika Lily dan Rosaleen bertemu dengan 3 orang kakak beradik eksentrik  peternak lebah yang dijual dalam botol-botol bermerk Black Madonna di Tiburon. Selain memiliki tiga nama unik yaitu nama bulan August, Mei dan June, ketiga kakak beradik perempuan itu memiliki karakter yang sangat menarik. Kisah hidup yang berbeda satu sama lain sangat kontras tetapi menyatukan mereka dalam satu naungan cinta dan sayang. Lily dan Rosaleen pun tinggal di rumah mereka dan mulailah Lily mengenal bagaimana kehidupan lebah yang penuh misteri.
Wah kalau saya terlalu panjang bercerita nanti kamu tidak akan tertarik untuk membaca novelnya ataupun menonton filmnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar